Rabu, 28 Maret 2018

SOFTSKILL: Pengalaman dalam Kerja Kelompok


                Pada penulisan kali ini, saya akan membahas mengenai pengalaman saya terhadap kerja kelompok dalam mengerjakan suatu tugas. Pengalaman saya dalam bekerja sama dalam kelompok sudah banyak dilakukan. Apalagi status saya yang saat ini sebagai mahasiswa tingkat 4 tentu tidak asing lagi dalam bekerja kelompok. Biasanya kelompok saya dapatkan secara acak dengan teman sekelas. Namun tidak jarang juga saya bekerja kelompok bersama teman dekat saya.
            Selama bekerja sama secara kelompok, banyak hal yang saya rasakan. Dimulai dari perasaan senang hingga perasaan kesal. Perasaan senang saya dapatkan ketika hal-hal unik maupun lucu saya alami bersama rekan kelompok saya. Seperti misalnya waktu berada di SMA. Saat itu pada mata pelajaran Seni Budaya, guru saya meminta kelas saya untuk membentuk dua kelompok yang masing-masing kelompok diharuskan membuat sebuah film. Kebetulan, dari 15 orang yang menjadi anggota kelompok saya tidak ada yang pernah memiliki pengalaman untuk membuat suatu film. Dari sini, akhirnya saya dan teman-teman mencoba membuat film sembari belajar. Kami belajar banyak hal, dimulai dari membuat sebuah naskah cerita, membagi peran yang ada, mengatur lokasi pengambilan film, melakukan pengambilan gambar, pengeditan film dan tentu saja bermain peran atas perannya masing-masing. Jika mengingat bagaimana proses penyelesaian film tentu saja menyenangkan. Terlebih waktu itu, saat melakukan pengambilan gambar disebuah perumahan, kami menjadi pusat perhatian warga.
            Selain itu, kejadian menyenangkan lainnya terjadi ketika kami mencoba mengambil adegan musikal. Kami semua bernyanyi dan menari didepan kamera. Hal ini semakin menyenangkan ketika lagu yang kami gunakan untuk melakukan adegan musikal adalah salah satu karya dari rekan kami. Semuanya terasa menyenangkan apalagi kami semua meloncat kegirangan karna kebetulan adegan musikal yang kami ambil merupakan pengambilan gambar terakhir. Dan lagi ada saja teman saya yang usil melempar bubuk bedak hingga kehebohan semakin menjadi-jadi. Tentu saja semua itu di penuhi dengan canda dan tawa. 
            Tak hanya selalu kejadian menyenangkan terjadi ketika saya bekerja kelompok. Suatu hari pernah kami memilih lahan alang-alang sebagai lokasi pengambilan gambar. Memang, berkat salah satu anggota kelompok, pengambilan gambar dilakukan dengan sangat baik, dimulai dari sinematography hingga perpindahan setiap scene yang bagus. Padahal saya ingat, ketika pengambilan gambar dimulai pertama kali, kebanyakan dari kami bingung untuk berbuat. Dari sini juga terlihat kemajuan masing-masing anggota kelompok. Terlihat, bagaimana masing-masing anggota bertindak sesuai tugas dan perannya masing-masing. Namun saya pribadi mengalami kejadian sedikit kurang menyenangkan ketika kami berada di lahan alang-alang. Karna saya tipe orang yang mudah sekali mengalami alergi, saya mengalami alergi yang cukup serius. Ini semua dikarenakan kulit saya yang mengenai bulu alang-alang. Apalagi saat itu cuaca cukup panas dan matahari cukup terik sehingga tubuh saya sempat mengalami drop. Untungnya waktu yang diperlukan untuk pengambilan film tidak cukup lama dan akhirnya saya dapat pulang untuk beristirahat dirumah.
            Selain itu, terdapat lagi pengalaman kurang menyenangkan yang saya alami ketika proses pengeditan film. Kurangnya inisiatif anggota dalam melakukan pengeditan, membuat saya harus turun tangan sendiri mengerjakan pengeditan film. Tentu saja itu bukanlah hal yang mudah mengingat scene yang saya edit bukan hanya satu atau dua melainkan puluhan scene. Butuh waktu yang cukup lama hingga akhirnya saya mengorbankan waktu tidur saya untuk hanya mengedit film. Sampai akhirnya saya pun dikejar tenggat waktu dan berhasil mengedit keseluruhan film sendirian dan mengumpulkannya tepat waktu. Jika melihat hasil editan saya tentu saja membuat saya bangga karna ini adalah pengalaman pertama saya.
Selain pengalaman kerja kelompok bersama teman SMA dalam membuat sebuah film, saya juga punya pengalaman ketika di tingkat satu perkuliahan. Saat itu, dosen meminta kelas untuk membentuk kelompok secara acak. Ini dilakukan karena kebetulan saya berada di jurusan Teknik Informatika yang mana jumlah mahasiswanya lebih banyak dibandingkan jumlah mahasiswi. Sehingga dalam pembentukan kelompok, seluruh mahasiswi yang ada dikelas harus ditempatkan dimasing-masing kelompok yang ada secara rata. Hal ini membuat saya berada dikelompok yang semua anggotanya adalah laki-laki.    
            Pada awalnya, cukup sulit untuk melakukan kerja sama dengan beberapa anggota kelompok. Selain karna beberapa anggota sulit untuk diatur, beberapa dari mereka juga tampak acuh dengan tugas yang diberikan dosen. Saya sendiri juga cukup sulit untuk berkomunikasi dengan masing-masing anggota, dikarenakan saya yang seorang perempuan harus mencoba mengarahkan anggota saya yang kebanyakan adalah laki-laki. Apalagi saya memiliki sifat yang sedikit pemalu sehingga sulit untuk saya berbaur dengan anggota kelompok. Hingga akhirnya, karena beberapa anggota yang sulit diatur dan kurangnya komunikasi membuat saya sering kali harus berusaha menyelesaikan tugas kelompok secara sendiri. Kadang saya cukup merasa kesal. Ketika tugas yang sudah dibagi-bagi harusnya dikerjakan oleh masing-masing anggota, namun akhirnya hanya beberapa orang dan bahkan saya sendiri yang mengerjakannya.
            Untungnya hal yang sama tidak terjadi lagi ketika saya berada di tingkat 2. Karena sudah terbiasa menghadapi orang-orang yang sulit diatur, saya bisa menyelesaikan tugas kelompok bersama dengan anggota kelompok saya. Berlanjut ketika ditingkat 3, disaat saya harus berkerja sama dengan beberapa mahasiswa yang sering kali absen kelas cukup menyulitkan saya dalam menyelesaikan tugas. Sampai ujungnya saya dan beberapa anggota lainnya terpaksa mengeluarkan mahasiswa tersebut karena sering kali mangkir dari panggilan kerja kelompok.
            Tentu saja pengalaman kerja kelompok saya tidak hanya disitu saja. Cukup banyak pengalaman yang saya alami selama saya menjalani masa-masa pendidikan. Dari sini saya menemukan banyak ilmu baru. Bukan ilmu secara teoritis namun ilmu secara sosial. Berkat kerja kelompok saya menemukan berbagai macam karakter dan sifat, dari yang rajin, tekun, pandai memimpin hingga malas, egois, keras kepala dan sulit diatur. Mungkin menyenangkan memiliki rekan kerja yang memiliki sifat rajin, tekun dan pandai memimpin. Namun ada kalanya orang-orang yang rajin, tekun dan pandai memimpin memiliki sifat yang egois dan keras kepala. Mereka yang egois biasanya tidak mau mendengarkan saran dari rekan anggota lainnya. Sedangkan mereka yang keras kepala biasanya tidak peduli jika apa yang dilakukannya salah. Tentu saja hal seperti ini cukup menyulitkan anggota lainnya. Karena kerja kelompok sejatinya adalah kerja bersama. Jadi karakter seperti apapun yang dimiliki oleh masing-masing kelompok harusnya dapat dihadapi dengan bijaksana sehingga kerja kelompok dapat dijalankan secara baik dan menyenangkan. Selain itu tugas apapun yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik jika kerja kelompok dilakukan dengan kompak.
            Berkat kerja kelompok, saya jadi memiliki kesempatan untuk berteman. Ini karena, kelompok yang terbentuk sering kali merupakan hasil acak yang membuat saya mau tidak mau berkelompok dengan beberapa orang yang tidak begitu dekat dengan saya. Karena kerja kelompok, saya dapat berkomunikasi dengan orang-orang tersebut dan jika komunikasi berjalan dengan cukup baik tentu saja kami jadi dapat berteman.
            Dari pengalaman saya ini, mungkin ada beberapa hal yang baiknya dilakukan ketika bekerja sama dalam kelompok, diantaranya:
  1. Pahami karakter masing-masing anggota.
  2. Usahakan untuk berkomunikasi dengan baik terhadap masing-masing anggota.
  3. Bagi tugas kelompok secara bijak.
  4. Rencanakan segala hal yang berhubungan dengan tugas kelompok dengan baik agar tugas dapat selesai.
  5. Tentukan batas waktu pengerjaan untuk masing-masing bagian agar tugas dapat selesai tepat waktu.
  6. Selalu sabar jika berhadapan dengan anggota yang sulit untuk diatur dan dimintai tolong.
  7. Jangan mudah terpancing emosi, karena hal tersebut dapat membuat perpecahan diantara anggota kelompok.

      Tentunya kita tidak mau jika berada dikelompok yang sama dengan orang-orang yang sulit diatur. Namun jangan jadikan hal tersebut beban dan selalu cari cara agar setiap anggota dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Sekian penulisan saya mengenai pengalaman dalam bekerja kelompok. Apabila dalam penulisan saya ada hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar