Minggu, 16 November 2014

Pentingnya Peran Pemuda dalam Pembangunan di Indonesia

TUGAS SOFTSKILL#2


Pemuda merupakan benih-benih bangsa yang nantinya akan menentukan baik atau buruknya suatu negara. Dikatakan demikian karena pemuda yang akan menjadi pewaris dan penerus generasi sebelumnya. Pemuda juga lah yang nantinya akan menjawab berbagai tantangan masa depan dengan berbagai masalahnya. Masih ingatkah dengan quote milik bung karno yang berbunyi "..beri aku 10 pemuda! maka akan kuguncang dunia!"? Dari apa yang telah dipaparkan bung karno, jelas sekali bahwa masa depan suatu negara berada ditangan para pemuda. 




Sumpah pemuda adalah satu dari banyaknya sejarah yang menunjukan betapa pentingnya peran pemuda dalam pembangunan di Indonesia. Ditandai dengan Kongres Pemuda pada bulan Oktober 1928, peristiwa ini merupakan pernyataan pengakuan atas 3 hal yaitu, satu tanah air; Indonesia, satu bangsa; Indonesia, dan satu bahasa; Indonesia. Makna yang terkandung pada saat itu tentulah berbeda dengan sekarang. Dulu, yang melatarbelakangi pemuda untuk mengikrarkan sumpah tersebut adalah semangat persatuan ditengah keanekaragaman untuk satu tujuan merebut kemerdekaan. Sekarang, sumpah pemuda memiliki makna untuk pemuda dalam mengisi kemerdekaan, berjuang menghadapi era globalisasi, mempertahankan kedaulatan bangsa dan membuat Indonesia mampu bersaing dengan negara lainnya. 

Di era globalisasi ini, zaman berkembang dan maju begitu pesat. Peniruan gaya hidup orang barat adalah salah satu dampak negatif yang sedang digemari oleh generasi muda Indonesia. Kasus demi kasus marak beredar dimedia dan pelakunya sendiri adalah para pemuda-pemudi penerus bangsa. Dimulai dari pemakaian obat-obatan terlarang, pergaulan bebas dan sebagainya. Tentu saja dampak dari kasus-kasus tersebut akan berkelanjutan dan dapat mempengaruhi masa depan mereka. Hal inilah yang harus menjadi bahan pertimbangan dan sorotan melihat masih banyak pemuda yang kurang menunjukan potensinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang unggul dan maju. Melihat keberhasilan negara-negara maju diluar sana tidak menutup kemungkinan suatu saat Indonesia juga sejajar dengan negara-negara maju tersebut. Mengingat Indonesia yang dijuluki zamrud khatulistiwa memiliki sumber daya alam, laut dan bumi yang melimpah. Potensi dan kekayaan bangsa harus dijaga serta diperdayagunakan dan dikelola dengan sebaik-sebaiknya.  

Namun, selain sisi negatif yang ditunjukan oleh generasi muda saat ini, tentu banyak juga yang sudah pemuda Indonesia lakukan untuk mengharumkan nama bangsa. Salah satu contohnya dibidang olahraga. Sudah tak terhitung banyaknya pemuda yang membawa nama Indonesia melalui bidang ini. Dari bulutangkis, sepak bola dan lainnya. Ini tentu membuka peluang bagi para pemuda Indonesia agar dapat lebih baik membangun negara ini. Tak hanya dibidang olahraga, dalam bidang IPTEK pun para generasi muda sudah banyak menghasilkan karya yang membanggakan negara kita. Sebagai contohnya, PC Tablet Wakamini yang merupakan karya anak bangsa. Selain membanggakan, produk ini mampu bersaing dengan produk-produk dari luar. Zyrex sebagai produsen peralatan komputer Indonesia memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% buatan Indonesia dengan harga berkisar 3 juta rupiah. Melihat hal ini tentu baiknya kita pertahankan agar kemudian Indonesia bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya dan mampu bersaing dengan negara lainnya.

para pemuda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dibidang olahraga


salah satu karya anak bangsa, PC tablet Wakamini

Dalam menghadapi tantangan yang ada terutama di era globalisasi saat ini, para generasi muda haruslah memiliki beberapa poin penting, diantaranya: 

1. Bersifat Idealis dan Kritis Penuh Tantangan
Para generasi muda harus memberikan ide-ide cemerlang atau memberikan kontribusi dari solusi permasalahan yang tengah mengguncang dan terjadi dalam negara serta mencari jalan keluarnya.

2. Tidak Merasa Cepat Menang atau Puas
Yang dimaksud dengan hal ini adalah para pemuda yang nantinya menjadi tulang punggung bangsa adalah pemuda yang tidak merasa cepat puas atas keberhasilan yang diraihnya terhadap apa yang ia lakukan untuk bangsanya di mata dunia, baik itu akademis, maupun non- akademis.

3. Kreatif Serta Inovatif Berkelanjutan
Kreatif serta inovatif berkelanjutan dimaksudkan dengan menciptakan pemikiran baru atau ide baru yang tak habis dan berguna bagi bangsa Indonesia tentunya.

4. Bukan Pecundang (Berani Tunjukan Diri)
Dalam hal ini para generasi muda harus berani menunjukan sesuatu yang menurutnya itu baik untuk perkembangan bangsa Indonesia.

5. Harus Tegar dalam Menghadapi Setiap Resiko
Seorang pemuda yang telah mengambil sikap tegas dengan berani bertindak tentunya harus berani mengambil resiko apapun yang terjadi dan tak akan gentar juga tetap pada komponen yang telah dibuat atau direncanakan.

6. Berprilaku Serta Berahlak Mulia
Dari semua hal yang tertera diatas, tentu tak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan poin ini. Semuanya akan sia-sia jika para pemuda Indonesia tidak memiliki ahlak yang baik.

Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar